5.10.16

hadeh

bentar lagi masa FSP untuk adik-adik kelas. saya keinget banget pas 2 minggu sebelum FSP saya belajar sampe nginep di perpustakaan supaya paling enggak saya punya 3 hari Ruhezeit sebelum FSP.
istilah hidup saya: tembak sampai berdarah-darah dahulu, bulletproof kemudian.
kehidupan studi saya di jerman penuh dengan liku-liku. dapet jelek udah kebal, nggak lulus ujian juga udah kebal. Ibu pernah bilang: nggak papa, jalani aja. mungkin Allah memberikan kamu ujian sedemikan rupa agar kamu punya waktu lebih untuk memperbaiki diri sendiri.
perlu diketahui: ketika saya dihadapkan oleh ujian, saya nggak pernah berfikir untuk menghindari masalah. masalah? ya dihadapi. kecuali kalo yang dihadapi itu preman, ya itu harus menghindar :D
bahkan kasarannya, saya gak pernah ada pikiran untuk pulang ke Indonesia walaupun saya tahu bakal nggak lulus ujian.
yang ada di pikiran saya saat itu: kalau Allah nggak ridha kamu disini, kenapa kamu bisa sampai di posisi ini? jangan putus asaaa!!! oke oke, apa yang salah dari saya? apa yang kurang? apa yang harus saya lakukan? berapa banyak waktu yang harus saya butuhkan? saya harus mulai dari mana?
kalau manusia terbiasa menghidari masalah, dia nggak tahu puas dan bahagianya menyelesaikan masalah yang selama ini memberatkannya. dan kalian tahu sendiri, setelah kuliah pun masih ada kehidupan. jangan kira kehidupan kerja lebih mudah dari kuliah. masalah itu akan selalu ada. dan masalah itu harus dihadapi.
selamat menjalani FSP untuk adik-adik yang menjalankan! selesaikan masalah yang harus kalian selesaikan! kalian pasti bisa!

No comments:

Post a Comment