15.5.16

Alergi susu sapi

Alergi susu sapi. aneh banget rasanya denger gabungan kata ini, karena aku suka mengkonsumsi milchprodukte (allgemein, sebenernya aku suka makan!)
dulu waktu di Indonesia aku kalo mau minum susu ya minum aja, nggak pernah tuh alergi. tapi semua berubah semenjak aku ke jerman. aku menderita alergi susu sapi. intoleransi laktosa lebih tepatnya. kalo minum susu sapi rasanya mual kayak mau halangan. pengen eek tapi gak bisa eek. setelah bisa eek ternyata diare :( subhanallah
seperti yang telah diketahui, dokter jerman jarang sekali ngasih obat. mereka suka pake cara alami tanpa kimia. aku dianjurkan untuk tidak minum susu yang berlaktosa. alias belinya susu laktosefrei yang selisih harganya jauh banget dari susu biasa. saya juga disarankan untuk minum susu kedelai aja, karena lebih murah sedikit dibandingkan susu yang laktosefrei.
kesimpulannya aku sekarang minum susu kedelai! karena susu kedelai mengingatkanku sama bapak-bapak yang jualan susu di sepeda motor di depan rumah di Malang setiap pagi. kalo di Indonesia aku lebih suka susu kedelai memang daripada susu sapi, karena rasanya lebih enak.

jadi begitulah pengalaman saya alergi susu sapi. sebelumnya saya juga alergi ayam, telur, alergi amoxilin dan alergi asap dan debu. yap, terima kasih karena telah membaca! 

No comments:

Post a Comment