25.11.11

persahabatan

beberapa hari ini, terjadi sebuah peristiwa dalam rumahku
peristiwa itu adalah kehilangan modem.
aku jadi kebingungan untuk ngeshare post ini ke blog.
btw, ada yang mau saya ceritain nih
temanya adalah: persahabatan

dalam bersahabat, banyak sekali crash-crash yang terjadi diantara kita. mulai dari ketidakcocokan pemikiran, berubahnya sifat dan sikap dari sahabat kita karena dia telah memiliki sahabat baru sampai dijauhin secara tiba-tiba.
yang pertama, ketika kita terjadi crash masalah pemikiran yang berbeda, maka kita dihadapkan oleh 2 pilihan: ngomel atau ngalah
kalo kamu ngomel nanti dibilang keras kepala, kalo kamu ngalah nanti aspirasimu nggak digunain
ya, kalo saya sih lebih milih ngalah
karena ngalah ada 2 manfaat: dia ngehargain kita atau dia gantian yang ngalah (hehehe)
di lagu aja udah ada kalimatnya kan "menyerahlah untuk menang" wekekekekek

yang kedua, ketika temen kalian udah berbeda sifat dan sikap karena mereka udah dapet temen baru dan sepertinya sedikit ngacangin kalian,
maka kita dihadapkan oleh 2 pilihan: ngerasani atau nyari temen baru
biasanya kalo cewek nih, kalo ada masalah itu sukanya ngeshare, kadang di stafa band atau di 4shared.com
ada lagi yang malah njelek-njelekin temennya, mengada-ada yang nggak ada, dll
tapi beda ya kalo sahabat sama pacar. kalo pacar cenderung cewek lebih punya indra keenam..
nggak bisa dipungkiri, cowok nggak bisa bohong dihadapan cewek, karena cewek tahu.. mungkin karena naluri seorang ibu (?)
kalo sahabat, kita cenderung ngerasa dikit-dikit walau cuma dikacangin dikit.. (mbulet)
karena cewek beda sama cowok yang cara bertemannya itu menyebar bagaikan dalam sebuah ekosistem.. cewek cenderung berkelompok dan membentuk sebuah komunitas. hanya komunitas.
jadi kalo salah satunya menghilang, itu kerasa banget nget nget..
kalo saya sih lebih milih nyari temen baru, alias memperluas jaringan dari komunitas menjadi ekosistem. jadi kalau gitu kan dia punya teman, kita juga nggak kehilangan teman

yang ketiga, dijauhi secara tiba-tiba
biasanya sih karena masalah nggak penting, misalnya: dihasut, galau, negatif thinking, dll
pada awalnya itu nggak enak bgt, kita merasa "apa ya salahku?"
pada masalah ini, kita juga dihadapkan oleh 3 pilihan: ngerasani, menyelesaikan masalah, atau "udah, biarin aja"
kalo kamu ngerasani, nanti kamu malah dibenci, kalo kamu mau nyelesein masalah, kamu berarti siap menghadapi -semacam- satu lawan banyak
kalo kamu memilih "udah, biarin aja", maka temen kamu itu bakal terus njauhin dan menghasut yang lain untuk musuhin kamu
jadi, dari uraian di atas, pilihan terbaik adalah: menyelesaikan masalah
karena dg menyelesaikan masalah dan menyampaikan uneg-uneg dengan jujur
kita bisa mengatasi kesalahpahaman yang ada dan tetap berteman seperti biasa, walaupun ada dua pilihan lagi: makin deket atau nggak deket kayak dulu
yah, yang penting setiap masalah harus diselesaikan lah..
karena bagaimanapun silaturahmi itu penting
kalo kita musuhan, moro-moro pas kita ada kesulitan, dan kebetulan musuh kita yang bisa ngerjain kesulitan kita, ya mau nggak mau kita juga minta tolong ke dia.
pada dasarnya manusia itu saling membutuhkan kan?
dan disadari juga, marah itu sebenerya juga terjadi karena kita mudah terhasut.
yang menghasut itu namanya syaiton. tinggalnya di Paiton. Besanannya Iblis.
jadi, jangan mau dihasut sama syaiton. solusinya, cuma dekat-dekatlah dengan kebaikan dan ketaatan.

oke teman! sekian dulu dari saya

salam keren:
shintancil :D

1 comment:

  1. kunjungi blogku juga mbak
    http://helmipanggagasuipitadi.blogspot.com/

    ReplyDelete